Cara Instal Ubuntu 10.10 (win-ubuntu part II)

,
Setelah anda melakukan semua pada posting sebelumnya (Dual Boot Windows dan Ubuntu), maka sekarang saatnya melakukan penginstallan ubuntu.
Namun sebelumnya anda harus memiliki CD Instal Ubuntu terlebih dahulu. Anda dapat mendownloadnya melalui link berikut
Download Ubuntu 10.10
kemudian burning ke dalam sebuah CD blank.
catatan : Tampilan dan urutan langkah-langkah installasi ubuntu 10.10 agak berbeda dengan instalasi ubuntu 10.04 namun pada prinsipnya sama saja.
Berikut ini langkah-langkah penginstallan Ubuntu :

1. Masukkan CD instal Ubuntu ke dalam CD Room dan restart windows.
2. Set Bios untuk melakukan booting awal pada CD room dengan cara menekan F2, atau Del, atau Esc (ini tergantung BIOS-nya), lalu cari pengaturan booting lalu set booting awal dari CD room (1st boot).
3. Tampilan pertama akan menawarkan anda untuk mencoba dahulu atau langsung menginstal, ini karena CD instal Ubuntu juga merupakan Live CD. Klik saja "Install Ubuntu"
instal ubuntu 01
4. Selanjutkan akan ada tampilan Preparing to install Ubuntu, langsung saja klik "Forward"
instal ubuntu 02
5. Berikutnya, pilihan untuk pengalokasian spasi hard disk. Pastikan anda memilih pilihan kedua yaitu " specify partitions manually (advanced)" lalu klik "Forward". Jika anda memilih pilihan pertama maka seluruh partisi windows anda akan hilang. Di sini anda harus hati-hati.
instal ubuntu 03
6. Sekarang akan muncul tampilan seluruh partisi hard disk yang ada, karena gambar ini saya ambil melalui penggunaan virtualbox maka cuma ada satu partisi saja yang terlihat dan partisi windows saya tidak muncul. Di bagian ini, anda memilih "free space" yaitu partisi unallocated yang anda buat di windows sebelumnya, lalu klik "Add".
instal ubuntu 04
7. Setelah itu ada tampilan pengaturan tipe partisi, besar alokasi hardisk untuk pengintallan operation system, lokasi dari partisi, format partisi dan jenis mount point-nya. Anda tinggal mengikuti formasi pada gambar berikut lalu klik "ok".
instal ubuntu 05
Catatan : jika anda menyiapkan alokasi hardisk untuk Ubuntu sebesar 10 GB sebaiknya anda menyiapkan alokasi untuk partisi Swap juga. Banyak yang menganjurkan partisi swap ini sebesar dua kali besar RAM jadi jika besar RAM 1 GB maka Swap-nya sebaiknya 2GB dan dan berarti file systemnya (/) sebesar 8 GB. Partisi swap ini berfungsi sebagai memori cadangan dan juga sebagai penyimpanan image pada saat anda melakukan proses hibernate.
8. Setelah itu, anda membuat partisi swapnya dengan menggunakan free space yang tersisa dan langkahnya sama seperti di atas cuma perbedaannya yaitu anda mengubah format partisi ("Use As") menjadi "Swap area" lalu klik "ok".
9. Tampilan akan kembali ke "allocate drive space", pilih partisi root ( / ) lalu klik "Install Now".
instal ubuntu 06
10. Berikutnya anda akan diminta mengisi lokasi tempat anda berada lalu klik "Forward".
instal ubuntu 07
11. Kemudian, pilih layout keyboard dimana secara default akan terpilih USA, lalu klik "Forward".
instal ubuntu 08
12. Setelah itu, isi data personal anda dan isi password lalu klik "Forward".
instal ubuntu 09
13. Pada akhir Installasi Ubuntu, anda akan diminta untuk melakukan restart.
instal ubuntu 10
14. Di awal booting anda akan dihadapkan pada Menu Grub yang memberikan pilihan untuk memulai Ubuntu atau Windows 7. Secara default, Ubuntu akan terpilih.
Selamat, anda sudah siap menggunakan Ubuntu 10.10

Download dalam bentuk PDF, klik di sini..UbuntuWindows

Comments :

1
sam_oyi said...
on  

thk u gan

Post a Comment