Memperbaiki Film yang Rusak dengan MEncoder di Ubuntu

,

Saya memiliki file film yang rusak karena pada saat mendownload file tersebut, koneksi jaringan lagi bermasalah dan sering terputus. Saat "memutar" file film tersebut, gambarnya agak tersendat dan terlihat blur. Namun linux memiliki banyak aplikasi yang bagus-bagus, salah satunya yaitu MEncoder bawaan MPlayers yang berbasis Command Line dan berfungsi untuk mencoding ulang file film.

Berikut ini cara memperbaiki file film yang rusak menggunakan MEncoder =

1. Lakukan update lalu instal MEncoder, dengan perintah :

sudo apt-get update

sudo apt-get install mencoder

2. Setelah selesai instal mencoder, lalu ganti direktori dimana file film tersebut berada dengan perintah cd (change directory). Misalnya pada kasus saya, file tersebut berada pada partisi "sda6" pada folder movies, maka perintahnya :

cd /media/sda6/Movies

catatan : harus diingat bahwa perintah di shell command linux sangat case sensitive, jadi harus diperhatikan huruf besar atau kecil pada setiap kata.

3. Setelah berada direktori tempat file film berada, ketikan perintah berikut :

mencoder -forceidx -oac copy -ovc copy before.avi -o after.avi

Catatan : Ganti "before.avi" dengan nama file film yang anda akan perbaiki dan "after.avi" dengan nama file hasil perbaikannya.

MEncoder dapat mencoding ulang file film apa saja yang dapat diputar oleh MPlayer. Sebenarnya ada banyak fitur perintah mencoder yang lain, namun yang akrab dengan saya adalah perintah di atas. Silahkan anda explore lebih lanjut.

4. Selesai.Ubuntu


Comments :

0 komentar to “ Memperbaiki Film yang Rusak dengan MEncoder di Ubuntu ”

Post a Comment