Memutar Film dari File RAR yang Rusak

,

Saya pernah mendownload film yang terkompres dalam bentuk file RAR. Setelah selesai terdownload (sampai 100%), saya mencoba mengekstraknya namun tenyata file tersebut error dan muncul pesan seperti ini "An error occurred while extracting files" dengan pesan lainnya di dalam Command box yang berbunyi "Red Line.avi - CRC failed, Unexpected end of archive".

Setiap kali saya mencoba untuk mengekstraknya akan muncul pesan di atas dan hasil ekstraknya pun akan hilang. Jadi, bagaimana dong cara menonton filmnya jika setiap kali di ekstrak, hasil ekstraknya hilang ?

Berikut ini solusinya :

1. Download VLC Player di sini, lalu instal. Kita akan membutuhkannya untuk memutar filmnya nanti.

2. Ekstrak File RAR yang rusak tersebut menggunakan Winrar sampai kira-kira 20% lalu kilk "pause".

3. Cari file hasil ekstrak tersebut (biasanya file akan berada satu folder dengan file .RAR) kemudian putar sebentar saja dengan memakai VLC Player lalu "pause".

4. Kembali lagi ke file RAR yang ter-"pause" tadi, lanjutkan lagi sisanya sampai akhirnya akan muncul pesan error, abaikan saja dan klik OK.

5. Sekarang anda sudah bisa menonton filmnya.

Catatan : Pada saat di ekstrak, file tersebut akan tersimpan di folder temporary sampai seluruh proses ekstraknya selesai dan jika terjadi error maka file yang berada di folder temporary akan hilang. Namun, jika ada proses lain yang menggunakan file temporary tersebut maka file tersebut akan tetap ada walaupun terjadi error. Contohnya yaitu pada cara kita di atas dimana file ini tetap ada karena di "pakai" oleh VLC player....(pendapat pribadi penulis).Windows


Comments :

2 komentar to “ Memutar Film dari File RAR yang Rusak ”
Anonymous said...
on  

kalau rusak berarti ada bagian dari film itu yang hilang dong? (thinking)

Bangpe said...
on  

Iya, memang benar. itulah alasannya mengapa kita menggunakan VLC karena kemampuannya utk mencodec film yg rusak. tp kalau rusaknya parah pasti VLC-nya juga nyerah..
Sebenarnya, film yg rusak itu msh bisa diperbaiki dengan menggunakan MEncoder bawaan MPlayers..
..Btw, Thanks info tentang Blogilo-nya..

Post a Comment